Istana Gyeongbokgung Seoul, Korea Selatan Terpopuler

 
Istana Gyeongbokgung Seoul, Korea Selatan Terpopuler
Istana Gyeongbokgung


Istana Gyeongbokgung Seoul, Korea Selatan Bersejarah Terpopuler

Selamat siang sob, kali ini saya akan membahas tentang Istana Gyeongbok yang merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang berada di Seoul. Istana Gyeongbok juga sering disebut sebagai Istana Gyeongbokgung yang  menjadi salah satu situs bersejarah paling terkenal di Korea sampai saat ini. Istana Gyeongbok ini adalah sebuah istana yang berada di sebelah utara kota Seoul, Korea Selatan. Perlu kalian tau nih ! Istana ini merupakan yang terbesar yang dibangun pada jaman Dinasti Joseon. Apalagi Istana ini masih dalam satu kawasan dengan National Palace Museum of Korea dimana kalian dapat belajar tentang sejarah di tempat in, dan tempat ini berada tepat di sebelah Istana Gyeongbok.

Sejarah Istana Changdeok

Menurut sejarah, Istana Gyeongbok sendiri merupakan salah satu istana yang berada di Seoul yang berkuasa sekitar tahun 1392-1910 pada Dinasti Joseon. Istana Gyeongbokgung sendiri dibangun pada tahun 1395 setelah Kerajaan Joseon ditemukan oleh Raja Taejo. Di Hanyang inilah istana dibangun yang saat ini dikenal dengan Seoul. Oleh Raja Taejo istana ini diberi nama Gyeongbokgung yang memiliki makna 'Istana Yang Diberkati Surga'. Pemerintahan setelah dibangunnya istana ini berpusat di Seoul sob. Namun pada saat itu terjadi ketidak stabilan yang membuat Istana Gyeongbokgung terlantar selama 273 tahun. Tau gak kenapa sob ? karena saat invasi Jepang masuk ke Korea pada tahun 1592-1598 Istana Changdeokgung di bangun yang menyebabkan istana ini terlantar. Pada masa kependudukan Jepang ini sebagian bangunan Istana Gyeongbokgung di hancurkan, namun setelah kemerdekaan pemerintah Korea secara perlahan membangun kembali istana ini (istana yang saat ini berada di Seoul). Bangunan yang dibangun kembali sejak tahun 1860-an yaitu 330 buah komplek bangunan dengan 5.792 kamar yang memiliki luas 410.000 meter persegi. Pada masa pemerintahan Raja Gojong terjadi pembunuhan Maharani Myeongseong oleh mata-mata Jepang tahun 1895. Setelah itu Raja Gojong bersama dengan keluarganya meninggalkan istana dan berniat tidak akan pernah kembali. Ada 10 bangunan yang masih tersisa setelah Jepang menjajah Korea dan pemerintah Jepang membangun bangunan pemerintahan utama Jepang untuk jendral Korea di depan ruang Tahta. Bangunan utama di istana Gyeongbok yaitu Geunjeongjeon, Ruangan Tahta Raja dan Paviliun Gyeonghoeru yang memiliki kolam bunga teratai dan bertiangkan 48 buah tonggak granit.

Prajurit khas Dinasti Joseon

Saat ini banyak sekali para wisatawan dari manca negara yang mengabadikan momen liburan ke tempat bersejarah ini sob. Bahkan Istana Gyeongbokgung  ini dibuka untuk umum dan di dalam istana sendiri terdapat Museum Nasional Rakyat Korea (National Folk Museum of Korea). Di museum inilah kita dapat melihat secara dekat dan detail arsitektur, interior, adat-istiadat bahkan benda-benda peninggalan Dinasti Joseon masih ada dan utuh sob. Dijamin kalian tidak akan bosan setelah sampai ke tempat ini, karena saat kalian tiba di tempat ini mata kalian akan terpesona melihat langsung drama-drama kolosal Korea yang memerankan kehidupan kerajaan di masa Dinasti Joseon bahkan seakan-akan kalian kembali ke masa kejayaan Dinasti Joseon di Korea Selatan. Dan nuansa kerajaan semakin terasa mengagumkan karena dalam istana yang luas tersebut kalian akan menyaksikan beberapa penjaga istana lengkap dengan pakaian khas Dinasti Joseon yang berdiri di beberapa sudut istana dengan membawa tombak pelindung yang khas. Dan akan ada pertunjukan pembukaan dan penutupan Royal Palace Gates lengkap dengan upacara pergantian penjaga istana setiap beberapa jam dengan durasi 10-20 menit dan dapat disaksikan pengunjung Istana Gyeongbokgung

Harga Tiket Masuk Istana Gyokbokgung

  • Dewasa seharga 3.000 Won
  • Anak-anak usia 7-18 tahun hanya dikenai setengah harga saja
 

Jam Berkunjung Istana Gyeongbokgung

  • Maret - Oktober pukul 9.00-18.00
  • November - Februari pukul 9.00-17.00
  • Di istana ini tutup setiap hari Selasa. Loket tiket tutup 1 jam sebelum istana ditutup 
  • Bahkan Tur pemandu gratis dalam bahasa inggris dari pukul 11.00-13.30 dan 15.30.
 

Rute Menuju Istana Gyeongbokgung

Kalian dapat menggunakan kereta api bawah tanah kota Seoul(Seoul Subway)
  • Naik subway line 3, lalu turun di stasiun Gyeongbokgung, keluar pintu 5 dan jalan 5 menit menuju ke istana.
  • Naik subway line 2,turun di stasiun Gyeongbokgung, keluar pintu 2 dan jalan 5 menit menuju istana.
  • Jika ingin naik kendaraan umum selain subway yaitu dengan naik bus nomor 1020, 7025, 109, 171, 172, 601, 606 setelah itu turun di halte bis Gyeongbokgung Palace. Jika membawa kendaraan pribadi kalian bisa memarkirkan kendaraan di sebelah kiri jalanan menuju Samcheong-dong dari Gate Gwanghwamun. Ada sekitar 240 ruang parkir mobil pribadi dan 500 orang parkir bis.
 
Demikian penjelasan dari saya tentang Istana Gyeongbokgung Seoul, Korea Selatan Bersejarah Terpopuler ini ya sob. Semoga informasi dalam artikel kali ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke laman blog admin sob. Jangan lupa tunggu update artikel terbaru dan menarik pastinya untuk sobat disana.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istana Gyeongbokgung Seoul, Korea Selatan Terpopuler"

Posting Komentar