Takoyaki Makanan Jepang Enak Terpopuler Di Indonesia


Takoyaki Makanan Jepang Enak Terpopuler Di Indonesia



Takoyaki Makanan Jepang Enak - Selamat malam sahabat planetjember, kali ini admin akan membahas tentang Takoyaki yang merupakan makanan khas Jepang yang banyak digemari banyak orang bahkan sudah populer sampai ke manca negara dan tidak perlu di ragukan lagi soal rasa pasti sangat enak dan lezat ya sob. Bagi Anda yang suka kuliner Takoyaki bisa menjadi salah satu makanan handalan yang patut di coba. Jika Anda ingin mencoba makanan khas Jepang ini tidak perlu jauh-jauh ke Jepang karena di Indonesia pun sudah banyak restoran yang menjual masakan Jepang cepat saji seperti Takoyaki ini. Takoyaki sendiri berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya, tetapi yang ini berbeda karena Takoyaki yang admin bahas kali ini menggunakan isian dari sosis dan keju. Takoyaki ini biasa di jual di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai cemilan dan biasa dijual dalam bentuk set dan per setnya berisi 5,6,8 sampai 10 buah Takoyaki yang disajikan di atas lembaran plstik berbentuk perahu atau dimasukkan dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulang. Nah, bagi Anda yang belum mencoba makanan khas Jepang yang satu ini rugi banget apalagi Anda yang pecinta kuliner pasti nantinya Anda akan ketagihan jika sudah mencobanya.

Takoyaki Ala Rumahan Enak

Takoyaki merupakan makanan ringan khas dan unik dari negeri sakura (Jepang). Takoyaki ini biasanya menggunakan bahan dasar octopus atau gurita di dalamnya yang diolah dengan bumbu sederhana dan saos Takoyaki khas Jepang, tetapi dengan berkembangnya zaman Takoyaki ini sudah mengembangkan dengan sosis atau keju sebagai isian di dalamnya karena lebih praktis dan ekonomis. Dengan memodifikasi Takoyaki menggunakan sosis atau keju ini membuat harga Takoyaki ini bisa dijangakau oleh masyarakat pada umumnya dan karena lidah orang berbeda-beda dan tidak terbiasa dengan cemilan yang berbahan gurita atau cumi hal ini bisa menjadi solusinya. Takoyaki ini biasa dimakan menggunakan tusuk gigi. Beda halnya dengan di Tokyo sob Takoyaki ini dimakan menggunakan sumpit sekali pakai. Biasanya penjual memberikan 2 batang tusuk gigi  untuk satu orang karena Takoyaki yang ditusuk dengan sebatang tusuk gigi dapat berputar-putar waktu diangkat dan jatuh sebelum masuk ke mulut karena itulah ada 2 tusuk gigi. Jika di restauran Jepang makanan ini cukup mahal karena bahannya juga terbilang mahal. Nah, cara membuat Takoyaki yang kita berikan kali ini tentunya lebih sederhana dan simpel tanpa perlu cetakan dan tidak butuh waktu yang lama.

Dengan bergantinya tahun berganti pula era nya menjadi era yang lebih modern. Dahulu hingga sekarang masakan Jepang menjadi tren kuliner baru di Indonesia seperti chicken katsu, shrimp katsu, teriyaki, dorayaki, dan banyak lagi yang lainnya. Masakan Jepang identik dengan harga yang mahal namun peminatnya cukup banyak, sehingga banyak makanan Jepang yang dimodifikasi sehingga harganya lebih murah dibanding harga aslinya namun masalah rasa tidak jauh beda dengan masakan aslinya.

Resep Takoyaki Asli Jepang dan Bahan Agar Empuk, Gurih dan Lezat

Untuk membuat Takoyaki asli ala restauran ini cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu mencampur bahan Takoyaki yang sudah disiapkan lalu memasaknya di pan khusus. Perlu anda tau nih ! tidak mudah bagi Anda untuk menemukan penjual cetakan Takoyaki ini. Jika tidak menemukan cetakan solusinya Anda bisa menggunakan cetakan dorayaki yang lebih simpel atau menggunakan cetakan kue lumpur asal jangan terlalu banyak memasukkan adonan ke cetakan sob tetapi hanya cukup memasukkan setengan adonan saja dari tinggi cetakan. Ciri khas dari masakan Jepang yang satu ini yaitu serutan ikan cakalang kering atau yang sering disebut sebagai Katsuobushi. Ciri khs yang kedua yaitu aonon atau sejenis rumput laut yang sudah di keringkan. Apabila Anda tidak menggunakan Katsuobushi atau pun rumput laut tetap bisa namun rasa asli dari Takoyaki ini berkurang.

Selain membahas tentang dua macam bahan yang sangat berpengaruh dalam membuat Takoyaki ini ada yang lebih penting pula yaitu membuat adonan kulit Takoyaki nya sob. Adonan inilah yang nantinya akan menyelimuti tako atau isian guritanya, jika Anda ingin lebih simpel maka langsung saja membeli tepung Takoyaki yang sudah jadi. Jika Anda tidak suka gurita Anda dapat menggantinya dengan udang, ikan, sosis ataupun keju yang jelas jangan menggunakan bahan isian yang citarasanya manis. So, jangan sampai salah memilih ya sob.

Adapun jenis Takoyaki

  • Takoyaki Polos : tidak memakai saus, rasa kecap dan kadang dimakan bersama ponzu atau garam kasar
  • Takoyaki Dengan Saus : permukaannya biasanya dioles dengan saus ditambah mayones, aonori dan katsuobushi
  • Takoyaki Kecap Asin : permukaannya biasanya dioles dengan kecap asin, sering dijumpai di daerah Nagoya dan sekitarnya
  • Akashiyaki / Tamagoyaki : panganan dari tepung terigu yang di encerkan dengan banyak telur ayam dan dashi, dihidangkan berjajar di atas piring seperti telenan dan dimakan dengan mencelupkannya ke dalam sup berbahan dasar dashi.

Takoyaki Makanan Jepang Enak Terpopuler Di Indonesia
Cetakan Takoyaki

Bahan Membuat Takoyaki Enak

Bahan Adonan takoyaki :
  • Bahan utama untuk membuat Takoyaki adalah tepung terigu yang mempunyai kandungan protein rendah kurang lebih 150 gram saja.
  • Telur ayam ukuran sedang atau besar kurang lebih sebanyak 3 butir. Lalu pecahkan telurnya taruh dalam wadah dan kocok.
  • Baking powder kurang lebih 120 ml saja.
  • Katsuobushi sedikit saja atau kurang lebih 5 gram sebagai campuran adonan Takoyaki.
  • Kaldu bubuk rasa ayam atau daging sesuai selera Anda kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 350 ml saja.

Bahan Lain Yang Dibutuhkan :
  • Katsuobushi untuk taburan kurang lebih sebanyak 5 gram saja.
  • Octopus atau gurita yang sudah masak atau direbus bukan gurita yang masih hidup ya sob agar lebih praktis. Lalu potong gurita menjadi bagian kecil-kecil sesuai selera dan jika tidak suka gurita bisa diganti dengan isian ayam, udang, cumi, bakso, sosis, keju atau yang lainnya.
  • Mayonise secukupnya sesuai selera Anda.
  • Saus sambal secukupnya sesuai selera Anda.
  • Saus Takoyaki secukupnya sesuai selera Anda.

Cara Membuat Takoyaki Lezat

  1. Pertama kita olah terlebih dahulu katsuobushinya. Rebus bersamaan dengan air yang sudah di siapkan hingga benar-benar mendidih dan diamkan selama 5 menit saja.
  2. Setelah selesai matikan dan tunggu sebentar sampai dingin lalau saring ya sob.
  3. Masukkan susu cairnya kemudian aduk hingga merata bersamaan dengan katsuobushi.
  4. Tuang kaldu bubuknya ke dalam wadah kemudian aduk kembali sampai rata.
  5. Masukkan telur ayam yang sudah di kocok, kemudian aduk bersama bahan adonan resep Takoyaki di atas.
  6. Ambil wadah baru kemudian campurkan tepung terigu protein rendah dan baking powdernya kemudan aduk-aduk kembali hingga merata.
  7. Masukkan campuran tepung tadi ke dalam wadah isi susu kemudian aduk-aduk kembali sampai merata.
  8. Saring adonan di atas agar tidak ada gumpalan tepung yang tersisa.
  9. Siapkan cetakan untuk membuat Takoyaki dan tunggu sampai panas, jangan lupa olesi cetakan dengan margarin terlebih dahulu di atasnya.
  10. Tuang adonan Takoyaki ke cetakan sesuai selera kemudian langsung isi dengan gurita atau bahan isian lainnya sesuai selera Anda.
  11. Setelah Takoyaki matang angkat. Ulangi sampai semua adonan habis di panggang.

Demikian penjelasan tentang bagaimana sih membuat Takoyaki Makanan Jepang Enak dan Lezat yang memiliki rasa seperti aslinya. Dan rasanya pu tidak kalah jauh dengan Takoyaki yang di jual di restauran atau mall-mall. Nah, dari penjelasan di atas kita tau bahwa sangat mudah dan sederhana membuatnya tetapi yang sulit mencari guritanya dan katsuobushi atau serutan ikan cakalang keringnya sob. Karena Katsuobushi merupakan salah satu bahan utama yang akan membuat cita rasa Takoyaki ini lezat. Meskipun demikian jangan sampai lupa untuk melestarikan resep kue tradisional sob, siapa yang akan melestarikan budaya kita jika bukan kita sendiri. Jangan sampai anak-anak kita nantinya lupa dengan kebudayaan kuliner bangsa sendiri. Good luck :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Takoyaki Makanan Jepang Enak Terpopuler Di Indonesia"

Posting Komentar