Resep Nikujaga (肉じゃが Daging Kentang) Makanan Khas Jepang Terbaru

Nikujaga Ala Jepang
Resep Nikujaga (肉じゃが Daging Kentang) Makanan Khas Jepang Terbaru - Hello sahabat planetjember. Gimana nih kabar kalian kali ini ? semoga selalu baik dan menyenangkan ya sob. Kali ini admin akan membagikan informasi dan tips membuat makanan khas jepang yang enak dan lezat. Untuk pecinta kuliner khususnya masakan jepang kalian harus coba resep masakan yang admin bagikan kali ini yaitu Nikujaga. Nah kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini karena Nikujaga sendiri merupakan salah satu makanan khas Jepang yang sangat populer dan banyak digemari oleh masyarakat jepang bahkan masyarakat luar pecinta masakan Jepang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan orang tua karena rasanya yang lezat dan menggoda lidah. Makanan Nikujaga ini adalah salah satu makanan yang dibuat dari beberapa bahan yang sangat menyehatkan dan baik untuk tubuh kita seperti bawang bombay, kentang, daging ysng kemudian direbus dengan tambahan bumbu seperti gula, kecap asin dan mirin.

Nikujaga berasal dari masakan Stew Daging yang dihidangkan oleh angkatan laut Kerajaan Inggris yang kemudian menyebar di kalangan rakyat Jepang. Makanan ini palaing sering dikonsumsi pada saat musin dingin karena dapat menghangatkan tubuh dan mengembalikan nafsu makan saat cuaca dingin di Jepang. Di Jepang bagian barat, mereka menggunakan daging sapi dan kentang dengan jenis Mayqueen karena dianggap memeiliki rasa lebih enak sob sedangkan di Jepang bagian timur kebanyakan menggunakan daging babi dan kentang dengan jenis Danshaku. Meskipun menggunakan jenis daging dan kentang yang berbeda Nikujaga tetep memiliki rasa yang lezat tergantung cara mengolahnya ya sob. Penyajian Nikujaga ini cukup menarik karena agar memiliki rasa yang lebih enak dan khas ditambahkan kecap asin, mirin, gula dan lainnya namun nantinya rasa dominan dari masakan ini adalah rasa manisnya sob. Buat kalian yang suka masakan manis Nikujaga ini pas banget buat kalian coba dan menambah selera makan kalian pastinya bagi yang susah dan pilih-pilih makanan.

Cara Membuat Nikujaga
Bahan :
  • 1 Kg daging sapi yang sudah di iris tipis dengan ketebalan 3-4 mm
  • 1/2 Kg kentang yang sudah dikupas dan dipotong sesuai selera
  • 2 buah bawang bombay yang sudah dicincang halus atau diiris sesuai selera
  • 2 buah wortel dan dipotong-potong sesuai selera
  • 500 cc dashi atau kaldu jepang
  • Katsuodashi atau kaldu ikan secuupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Kecap asin secukupya
  • Daun bawang sebagai pelengkap
  • Minyak secukupnya
  • Air mineral secukupnya

Cara Membuat :
  1. Panaskan minyak lalu goreng kentang hingga berwarna kecoklatan
  2. Angkat lalu tiriskan
  3. Panaskan panci beri minyak sedikit dan tumis bawang bombay yang sudah dicincang
  4. Tambahkan wortel
  5. Tambahkan daging sambil bolak-balik hingga daging berubah warna
  6. Tambahkan air, dashi, mirin, gula pasir sesuai selera
  7. Tambahkan kecap asin atau soyu dan katsuodashi sesuai selera
  8. Tambahkan kentang yang sudah digoreng sebelumnya
  9. Tunggu hingga wortel masak dan daging mulai empuk
  10. Hidangkan selagi hangat

Catatan : Kalau suka manis atau tidak mau menggunakan mirin kalian hanya perlu menambakan sedikit gula pasir sesuai selera kalian

Demikian penjelasan dari admin tentang Resep Nikujaga Khas Jepang yang memiliki rasa gurih dan menggoda lidah serta harganya yang cukup terjangkau. Semogaapa yang admin share kali ini dapat bermanfaat bagia kalian dan terimakasih telah berkunjung ke laman blog admin. Jangan lupa tunggu artikel dan informasi terbaru dan terupdate dari admin ya sob.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Nikujaga (肉じゃが Daging Kentang) Makanan Khas Jepang Terbaru"

Posting Komentar